kilasmerangin.com - kilasmerangin.com
Connect with us

Merangin

Hati-hati Kades, Tim BPK Ngantor di BPKAD dan Periksa Pengelolaan Dana Desa

KILASMERANGIN.COM – Audit keuangan Dana Desa (DD) dari tahun 2015 hingga 2018, tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, Perwakilan Provinsi Jambi, ngantor di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Merangin selama 25 hari.

Informasi yang berhasil dihimpun, tanpak dimulai sekitar Pukul 09.00 WIb hingga sore Selasa (14/8). Sejumlah Kades, Sekdes dan Bendahara Desa di Merangin, tengah sibuk menyerahkan berkas laporan keuangan berupa Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), untuk diserahkan dengan tim BPK Provinsi Jambi.

Diperiksanya laporan keuangan Dana Desa oleh tim BPK Provinsi Jambi ini, dibenarkan salah satu Sekdes, yang tidak mau disebut namanya mengatakan, pihaknya dimintai untuk menyerahkan bukti SPJ serta APBDes dari tahum 2015 hingga tahun 2018 ini.

“Iya, tidak hanya desa kita saja yang diperiksa oleh tim BPK Provinsi Jambi ini, tapi seluruh desa di Merangin berjumlah 205 Desa ini, diperiksa semua baik APBDes maupun SPJnya,” singkatnya kepada kilasmerangin.com di Kantor BPKAD Merangin Selasa (14/8).

Terpisah Kepala BPKAD Merangin Ir Fajaman, membenarkan bahwa tim BPK Provinsi Jambi turun selama 25 hari untuk memeriksa keuangan DD di Merangin.

“Ya, tim BPK Provinsi menginap selama 25 hari di Merangin, dan tujuannya melakukan khusus pemerikasaan Dana Desa untuk tahap awl, dan Insa Allah Kamis (16/8) besok, ia sudah pulang ke jambi,” ungkapnya.

Ketika ditanya, apa saja laporan keuangan Dana Desa, yang diperiksa oleh tim BPK Provinsi Jambi?.

“Ini merupakan pemeriksaan rutin, dan yang diperiksa itu peruntukan APBDes dan SPJ penggunaan Dana Desa. Untuk teknis pemeriksaan, itu pihak BPK mengambil sample 10 desa di Merangin, setelah itu seluruh berkas dikumpul dan duserahkan ke Tim BPK di kantor BPKAD,” tandasnya.(*)

Penulis: Zakhrowi

Berikan Komentar Anda!
224 Kali Dibaca
Share
bn2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Merangin

To Top
error: Maaf,tidak boleh copas !!